Nasional, Palembang – Bakal calon wali kota dan bupati se-Sumatera Selatan dari inkumben atau petahana masih diunggulkan dalam pemilihan serentak nanti.

Dari lima inkumben yang bakal maju pada pemilihan kepala daerah kabupaten/kota di Sumatera Selatan, duet Wali Kota dan Wakil Wali Kota Lubuk Linggau, S.N. Prana Putra Sohe dan Sulaiman Kohar, diprediksi berpeluang besar memenangi pemilihan kepala daerah pada Juni tahun depan.

"Tingkat elektabilitas Prana pada pertanyaan terbuka mencapai angka 58 persen," kata Arianto, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen, Ahad, 8 Januari 2017.

Dari temuan survei yang dilakukan serentak pada 25 Desember 2016 sampai 5 Januari 2017, khususnya di lima kabupaten dan kota yang akan mengelar pemilukada pada Juni 2018 mendatang, pasangan S.N. Prana Putra Sohe dan Sulaiman Kohar memiliki elektabilitas yang cukup tinggi dibandingkan dengan calon inkumben lain.

Sedangkan tingkat elektabilitas inkumben di Kota Pagaralam, yaitu Ida Fitrianti berada di angka 20 persen, Ridho Yahya (inkumben Kota Prabumulih) 34 persen, Harno Joyo (inkumben Kota Palembang) 8 persen, dan Iskandar (inkumben Kabupaten OKI) 22 persen. 

Berdasarkan pengalaman survei perilaku pemilih di Indonesia, Arianto mengatakan pemilih menjatuhkan pilihannya kepada seorang calon yang sudah terbukti nyata dan perhatian kepada rakyat, kecil kemungkinan dapat dikalahkan pada pertarungan pemilukada. Artinya, calon yang mempunyai dua modal dasar ini memiliki kinerja yang dirasakan masyarakat. 

PARLIZA HENDRAWAN